You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kedungputri
Desa Kedungputri

Kec. Paron, Kab. Ngawi, Provinsi Jawa Timur

Website Resmi Pemerintah Desa Kedungputri Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi

Sejarah Desa Kedungputri

ADMIN 16 Juni 2022 Dibaca 228 Kali

SEJARAH DESA KEDUNGPUTRI

Sejarah awal berdirinya Desa Kedungputri tidak terlepas dari Kerajaan / Kadipaten Madiun. Desa ini awalnya bernama Desa Jadug. Asal mula terjadinya Desa Kedungputri adalah sebagai berikut :

Raja Kerajaan Madiun mempunyai seorang Putri yang sangat cantik dan menawan, Beliau mengembara dengan berkuda di beberapa wilayah pelosok dan hutan belantara di Daerah kekuasaanya. Pengembaraan Putri tersebut dimulai dari Kerajaan Madiun menyisir ke utara hinga sampai di Desa Melikan ( Sekarang Desa Tempuran ), kemudian ke Desa Paron, Desa Gelung, Desa Ngale, Desa Kebon, Desa Jeblokan, Desa Sirigan, Desa Klegen Kerten ( Sekarang Desa Teguhan ), diteruskan ke Desa Mesem ( Sekarang Desa Semen ) dan selanjutnya sampai / Jedug di Desa Jadug. Di Desa Jadug Beliau mencari persinggahan dan menemukan sebuah Gua yang terletak dipinggir sungai, yang airnya jernih dan udaranya sejuk. Akhirnya beliau mandi dan bersenang senag sehingga beliau lupa akan segalanya, bersamaan itu pula sang Putri tersebut hilang ( Musno ) di Sungai tersebut. Karena petilasanya / hilangnya sang Putri di Kedung Sungai tersebut maka Desa Jadug diganti dengan Desa Kedungputri pada masa Kepemimpinan Raja Madiun.

Lurah pada jaman dahulu seumur hidup, adapun Lurah yang pernah menjabat di Desa Kedungputri sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :

  1. Den Dayat ( Tahun menjabat tidak diketahui ) ;
  2. Guru Tirto Kusumo ( Tahun menjabat tidak diketahui ) ;
  3. Palang ( Tahun menjabat tidak diketahui ) ;
  4. Setro Karyo ( Tahun menjabat 1861 s/d 1980 ) ;
  5. Kusen ( Tahun menjabat 1880 s/d 1915 ) ;
  6. Sastro Wiyogo ( Tahun menjabat 1915 s/d 1940 ) ;
  7. Ngabdulah ( Tahun menjabat 1940 s/d 1970 ) ;
  8. Marto Ngawiyun ( Tahun menjabat 1970 s/d 1989 ) ;
  9. Suwarso ( Tahun menjabat 1989 s/d 1998 ) ;
  10. Sugiyanto ( Tahun menjabat 1998 s/d 2013 ) ;
  11. Tri Wahyudiono ( Tahun menjabat 2013 s/d sekarang ).

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image